Nama Ilmiah Orang utan


Orang utan
Orang utan

-->
Istilah "orang utan" diambil dari bahasa Indonesia, yang berarti manusia (orang) hutan. Orang utan atau orangutan mencakup dua spesies, yaitu orang utan sumatera (Pongo abelii) dan orang utan kalimantan (borneo) (Pongo pygmaeus). Yang unik adalah orang utan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia, dimana orang utan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96.4%. 
Orangutan adalah satu-satunya anggota keluarga kera besar di dunia di Asia. Ada dua spesies orangutan, orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Pulau Sumatera dan orangutan Borneaen (Pongo pygmaeus) di Pulau Kalimantan (Borneo). Tiga lainnya spesies kera besar dapat ditemukan di Afrika: simpanse (Pan troglodytes), gorila (Gorilla gorilla), dan Bonobo (Pan paniscus). Orangutan yang termasuk dalam urutan primata dan Ponginae tersebut. Berdasarkan penelitian di genetik, morfologi, ekologi, perilaku, dan sejarah hidup, orangutan Sumatera yang terbukti berbeda dari kerabat mereka Borneo. Orangutan Sumatera dan Borneo orangutan yang terpisah secara geografis setidaknya sejak 10.000 tahun lalu, ketika kenaikan permukaan air laut terjadi antara kedua pulau.
Orangutan Borneaen (Pongo pygmaeus) memiliki tubuh yang lebih besar, memiliki rambut cokelat, langka dan pendek gelap atau kemerahan, dan mereka memiliki bintik-bintik kemerahan atau kehijauan pada masa bayi.
Orangutan Sumatera (Pongo abelii) memiliki tubuh yang lebih kecil, memiliki rambut terang atau oranye dan lengan mereka lebih panjang dari kaki.
Secara umum, orangutan jantan memiliki cheeckpads yang lebih besar karena mereka tumbuh dan tubuhnya dua kali lebih besar dari orangutan betina dengan berat badan berkisar 50-90 kg.
-->

Klasifikasi ilmiah orangutan dan nama ilmiah orangutan adalah :
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Primata
Famili: Hominidae
Upafamili: Ponginae
Genus: Pongo
Spesies
Pongo pygmaeus
Pongo abelii

Ditulis kembali oleh:

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_utan
http://www.orangutan.or.id/orangutan-facts/

1 komentar:

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.