Bioma laut


Bioma laut adalah bioma terluas di dunia. Bioma ini mencakup hingga 70% dari permukaan bumi. Bioma ini meliputi lima samudera utama: Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Arktik, dan Laut bagian Selatan.

Peta Laut
Peta Laut

Berdasarkan kedalamannya, bioma laut dibagi menjadi empat zona :
Zona Litoral atau Daerah Pasang Surut adalah daerah yang berbatasan langsung dengan daratan. Radiasi matahari, temperatur dan salinitas berpengaruh penting di daerah ini dibandingkan dengan daerah laut lainnya. Biota yang hidup di daerah ini antara lain: ganggang yang hidup sebagai bentos, teripang, binatang laut, udang, kepiting, cacing laut.
Zona Neritik merupakan daerah laut dangkal, daerah ini masih dapat ditembus cahaya sampai ke dasar, kedalaman daerah ini mencapai 200 m. Biota yang hidup di daerah ini adalah plankton, nekton, neston dan bentos.
Zona Batial atau Daerah Remang-remang Kedalamannya antara 200 - 2000 m, tidak ada produsen. Hewan berupa nekton.
Zona Abisal Daerah abisal adalah daerah laut yang kedalamannya lebih dari 2000 m. Daerah ini gelap sepanjang masa, tidak terdapat produsen.

Pembagian Lautan
Pembagian Lautan

Berdasarkan intensitas cahayanya, bioma laut dibedakan menjadi tiga zona vertikal :
Lapisan atas disebut zona eufotik, Lapisan ini adalah wilayah di mana cahaya masih dapat menembus.
Lapisan berikutnya adalah zona disphotic. Daerah ini terlalu dalam untuk dicapai oleh cahaya. Cahaya di lapisan ini terlihat seperti senja di daratan.
Bagian terdalam dari laut disebut zona afotik, atau laut dalam. Suhu di lapisan ini sangat dingin, suasananya benar-benar gelap, dan rendah kandungan nutrisinya. Titik terdalam di lautan adalah Palung Mariana. Palung ini lebih panjang dari tinggi Gunung Everest! Kedalaman Palung Mariana adalah sekitar 36.200 kaki (10.000 meter).


Pembagian Lautan
Pembagian Lautan


Air laut rasanya asin. Kadar asin dari air laut disebut salinitas.
Air laut selalu bergerak. Air yang bergerak berada di permukaan, sekitar 400 meter di bagian atas laut. Air laut bergerak disebabkan oleh proses upwelling, yaitu proses yang membawa air dari laut dalam ke daerah dangkal, serta downwelling, proses yang mengirim air dari permukaan ke laut dalam.
Setiap hari air laut bergerak karena proses pasang surut. Siklus pasang surut paling mudah untuk diamati terjadi di muara. Gelombang laut adalah salah satu jenis pasang yang diciptakan oleh gaya gravitasi.
Bioma laut ini memiliki pengaruh besar pada iklim bumi. Laut berperan membentuk hujan untuk tanaman melalui penguapan, angin untuk membantu sirkulasi udara, dan mempengaruhi suhu pesisir.
Suhu air laut bervariasi tergantung pada lokasi. Suhu rata-rata dari semua lautan adalah sekitar 39 ° F (4 ° C). Lautan dekat daerah kutub lebih dingin daripada laut di dekat khatulistiwa. Air yang berada di bagian dalam jauh di laut lebih dingin daripada air yang berada di dekat permukaan laut. Beberapa hewan dan organisme hanya dapat bertahan hidup pada suhu tertentu. Beberapa lainnya mampu bertahan pada kisaran suhu ekstrim dan dapat hidup di tempat-tempat tergelap dalam laut.
  
Permukaan Laut

Bawah permukaan

Laut dangkal
Laut dangkal

terumbu karang


terumbu karang
terumbu karang

Lautan tidak sama di masing-masing wilayah. Ada banyak ekosistem yang berbeda dalam lautan tergantung pada banyak kondisi seperti suhu air, intensitas cahaya matahari, dan jumlah nutrisi.
Kehidupan di laut sangat beraneka ragam. Di laut terdapat makhluk terkecil yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Juga terdapat hewan terbesar seperti paus biru, yang panjangnya dapat mencapai 34 meter (110 kaki).
Ada beragam cara yang berbeda mengenai berlangsungnya kehidupan di laut. Beberapa hewan melakukan perjalanan yang sangat jauh melintasi lautan. Hewan lainnya tinggal di tempat yang sama di dasar laut seumur hidup mereka. Beberapa bersembunyi di bawah pasir sementara makhluk yang lain mengapung dekat permukaan.
Sinar matahari menerobos lapisan atas air laut sedalam kira-kira 200 meter (656 kaki). Hampir semua kehidupan laut (sekitar 90%) tinggal di lapisan ini. Di lapisan ini, fitoplankton, ganggang, dan tanaman seperti rumput laut membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis dan merupakan rantai makanan paling awal di laut.

Lebih dari 1 juta spesies tanaman dan hewan telah ditemukan di lautan, dan ilmuwan mengatakan mungkin ada sebanyak 9 juta spesies yang belum ditemukan.

Salah satu alasan kenapa laut sangat penting adalah karena keberadaan tumbuhan laut seperti ganggang. Melalui fotosintesis, tumbuhan laut dan ganggang menyediakan banyak pasokan oksigen dunia dan mengambil karbondioksida dalam jumlah besar. Penyerapan karbondioksida ini dapat menjadi alat yang berguna dalam mengurangi kerusakan akibat perubahan iklim.

Salah satu jenis ganggang laut adalah rumput laut. Rumput Laut sangat penting karena menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi banyak makhluk laut. rumput laut juga digunakan oleh manusia untuk banyak produk, termasuk krim pasta gigi dan makanan. Rumput laut juga berfungsi sebagai penyangga dengan menyerap energi dari gelombang sebelum gelombang menghantam garis pantai, melindungi banyak pantai berpasir. Tanaman laut penting lainnnya adalah fitoplankton. Tanaman kecil ini berfungsi sebagai makanan untuk banyak makhluk laut dari yang terkecil hingga ikan paus. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa fitoplankton menyuplai hampir setengah dari oksigen bumi! Tumbuhan laut hidup di zona eufotik laut karena mereka membutuhkan energi dari matahari untuk fotosintesis.

Hutan rumput laut
Hutan rumput laut

Lautan bumi adalah rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati planet ini. Di sini kita bisa menemukan beragam hewan seperti moluska, ikan, paus, krustasea, bakteri, jamur, anemon laut dan hewan lainnya. Hewan-hewan ini harus beradaptasi dengan situasi hidup yang unik di semua zona laut. Laut adalah tempat yang asin yang biasanya dingin. Sebagian besar hewan memiliki adaptasi khusus untuk menangani lingkungan yang sulit ini.


Hewan laut

Kebanyakan mamalia laut memiliki lemak untuk bertahan hidup dalam air yang dingin, berang-berang laut punya cara yang unik karena mereka tidak memiliki lemak. Mereka memiliki bulu lebih padat daripada mamalia lainnya, jumlahnya mencapai satu juta rambut per inci persegi. Kebanyakan orang memiliki sepuluh kali lebih sedikit dari itu di kepala mereka.
Laut juga mendukung bentuk kehidupan yang sangat besar. Paus biru adalah hewan terbesar di bumi. Hal ini berukuran mencapai lebih dari 100 kaki (30 meter). Paus biru berukuran sangat besar sehingga manusia bisa merangkak dalam arteri utama mereka, dan 20 orang bisa berdiri di lidah mereka!

paus biru
paus biru
 Hewan-hewan di laut dalam juga tinggal di lingkungan yang keras. Salah satu makhluk laut, anglerfish-ikan pemancing, menarik mangsanya dengan bakteri penghasil cahaya sebagai umpan. Ketika mangsa terpikat, anglerfish menangkap dengan mulutnya yang besar sebagai santapan.

anglerfish
anglerfish





















Manusia memanfaatkan laut sebagai sumber makanan, obat-obatan, minyak, dan sumber daya lainnya, dan sebagai tempat rekreasi. Permintaan sumber daya dari laut mengakibatkan rusaknya ekosistem dalam laut dan habisnya sumber daya tersebut.

ekosistem terumbu karang
Di seluruh dunia, praktek penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, termasuk penggunaan racun dan dinamit pada terumbu karang, penggunaan jaring di dasar laut, perburuan berlebihan spesies populer, dan memancing di daerah krisis reproduksi menyebabkan masalah bertambah buruk.


Polusi di laut
Polusi di laut
Polusi di laut
Polusi di laut

Polusi di laut
Polusi di laut

Polusi juga merugikan ekosistem laut. Polutan, seperti pupuk dan produk rumah tangga yang dibuang ke saluran pembuangan menuju sungai dan ke muara, dan akhirnya ke laut. Polutan ini sangat mengganggu ekosistem dan dapat menyebabkan kerusakan pada kehidupan laut. Tumpahan minyak juga merupakan sumber besar pencemaran di lautan.

Ada banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu melindungi laut. Daur ulang, pengolahan sampah rumah tangga yang bertanggung jawab, membeli makanan laut yang dipanen secara lestari untuk memastikan makhluk laut lain tidak terluka oleh aktifitas penangkapan ikan. Terakhir, belajar lebih banyak tentang laut. Dengan pengetahuan dan pemahaman, akan dapat membantu menyelamatkan lautan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.