Nama Ilmiah Jahe


Jahe
Jahe


Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang  pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. 
-->

Jahe termasuk dalam suku temu-temuan  (Zingiberaceae), sefamili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak  (Cucuma xanthorrizh a), temu hitam (Curcuma  aeruginosa), kunyit  (Curcuma domestica), kencur  (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.
Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.
Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua

Klasifikasi ilmiah jahe dan nama ilmiah jahe adalah :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
Genus: Zingiber
Spesies: Zingiber officinale Rosc.

Ditulis kembali oleh:

Sumber:
http://naturindonesia.com/jahe.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Jahe
http://www.plantamor.com/index.php?plant=1306

1 komentar:

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.