Nama Ilmiah Beruang madu


Beruang madu
Beruang madu

-->
Beruang madu hidup di hutan-hutan primer, hutan sekunder dan sering juga di lahan-lahan pertanian, mereka biasanya berada di pohon pada ketinggian 2-7 meter dari tanah, dan suka mematahkan cabang-cabang pohon atau membuatnya melengkung untuk membuat sarang. Habitat beruang madu terdapat di daerah hujan tropis Asia Tenggara. Penyebarannya terdapat di pulau Borneo, Sumatera, Indocina, Cina Selatan, Burma, serta Semenanjung malaya. Jenis beruang ini tidak memerlukan masa hibernasi seperti beruang lain yang tinggal di wilayah empat musim. Beruang madu di masa lalu diketahui tersebar hampir di seluruh benua Asia, keberadaanya saat ini semakin langka akibat kehilangan dan fragmentasi habitat.
Mamalia dilindungi ini seluruh tubuhnya berbulu warna hitam, kecuali wajahnya berwarna abu-abu dan bagian atas dada terdapat bercak putih walau terkadang terlihat samara-samar, matanya berwarna coklat, lidahnya panjang dan dapat dipanjangkan sesuai dengan kondisi alam untuk menyarikan madu dari sarang lebah di pepohonan, memiliki kuku yang panjang di keempat lengannya yang digunakan untuk mempermudah mencari makanan dan menaiki pohon, Beruang madu aktif di malam hari atau disebut juga dengan makhluk nokturnal, mereka menghabiskan waktu di tanah dan memanjat pepohonan untuk mencari makanan. Kecuali betina dengan anaknya, beruang madu umumnya bersifat soliter.
Secara etimologis Helarctos berasal dari bahasa Yunani yaitu “hela” yang berarti matahari dan “arcto” yang berarti beruang sehingga Helarctos berarti sun bear (Beruang matahari) penyebutan sun bear berdasarkan adanya corak putih pada bagian dada yang terlihat seperti matahari (Fitzgerald dan Krausman, 2002). Beruang madu juga disebut Ursus malayanus (Meijaard, 2004). Terdapat beberapa nama populer untuk beruang madu yaitu Malayan sunbear (Fitzgerald dan Krausman, 2002), Malayan bear (Fetherstonhaugh,1940, 1948), Malay bear (Davis 1958) dan Sun bear (Corbet dan Hill, 1992).
-->

Klasifikasi ilmiah beruang madu dan nama ilmiah beruang madu adalah :
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Mamalia
Bangsa : Carnivora
Suku : Ursidae
Marga : Helarctos
Species : Helarctos malayanus
(Raffles,1821)


Ditulis kembali oleh:

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Beruang_madu
http://en.beruangmadu.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.