Nama Ilmiah Bintang laut


Bintang laut
Bintang laut

-->
Bintang laut, walaupun dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan sebutan starfish, hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan.
Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventrallengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang bergerak bebas dengan menggunakan kaki-kaki tabungnya, merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah untuk kebanyakan spesies.
Jenis hewan ini berbentuk bintang dengan 5 lengan. Mereka bergerak dengan menggunakansistem vaskular air. Bintang laut sebenarnya adalah makhluk hidup yang bebas, namun dikarenakan ketiadaannya organ gerak yang memadai, bintang laut hanya bergerak mengikuti arus air laut  hewan ini banyak dijumpai di pantai. Bintang laut memiliki kekuatan regenerasi yang mengagumkan. Apabila satu lengan putus, lengan baru akan tumbuh kembali. Bila cakram tengah ditempelkan ke tangan yang terpotong, individu baru dapat tumbuh dari bagian yang terpotong tersebut. Bintang laut berkembang biak dengan cara bertelur.
-->

Klasifikasi ilmiah bintang laut dan nama ilmiah bintang laut adalah :
Kingdom : Animalia
Phylum : Echinodermata
Class : Asteroidea
Genus : Asteroidea
Spesies : Asteroidea sp , Asteropecten irregularis , Crossaster dan Culeitin

Ditulis kembali oleh:

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang_laut
http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/accounts/information/Pycnopodia_helianthoides.html

2 komentar:

  1. Thanks for info ya
    Jangan lupa kunjungi website kami juga http://bit.ly/2o9Kvb9

    BalasHapus

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.