Nama Ilmiah Lumut hati


lumut hati
lumut hati

Marchantiophyta (Hepaticophyta) atau lumut hati banyak ditemukan menempel di bebatuan, tanah, atau dinding tua yang lembap. Bentuk tubuhnya berupa lembaran mirip bentuk hati dan banyak lekukan. Tubuhnya memiliki struktur yang menyerupai akar, batang, dan daun. Hal ini menyebabkan banyak yang menganggap kelompok lumut hati merupakan kelompok peralihan dari tumbuhan Thallophyta menuju Cormophyta. Lumut hati beranggota lebih dari 6000 spesies.
-->

Tubuh dapat dibedakan antara sisi dorsal dan ventral, menempel pada tanah   dengan rizoid (umumnya terdapat di sisi ventral). Struktur talus ada yg sederhana menyerupai lembaran dan ada yg sudah menyerupai batang dan daun. Sporofit terdiri dari bagian kaki, tangkai (seta) dan kapsul. Pada golongan lumut hati primitif bagian kaki dan seta tidak ada. Sel-sel pada sporofit tidak berkloroplas. Spora yg berkecambah hanya berkembang menjadi suatu buluh yg pendek atau boleh dikatakan lumut hati tidak membentuk protonema (merupakan pembeda dengan kelas lainnya). Mempunyai sel-sel minyak. Hidup di tempat dengan kelembaban tinggi dan tidak menerima sinar matahari langsung, misalnya di hutan, di tepi sungai, ada juga yg di rawa (Riella) sehingga tubuhnya mempunyai struktur yg higromorf (misalnya dalam tubuhnya terdapat rongga-rongga udara), ada yg terapung di air (Riccia fluitans), lumut juga ada yg dapat hidup di tempat kering sehingga tubuhnya bersifat xeromorfik (pada tubuhnya terdapat alat penyimpan air), tempat tersebut seperti batu cadas, pada kulit pohon, di permukaan daun (disebut epifil). 
Reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi (cabang-cabang yg bebas dapat tumbuh menjadi individu baru), pembentukan kuncup eram (gemma), dengan pembentukan tunas-tunas cabang, pembentukan umbi (tuber), penebalan ujung talus. Perlu diketahui bahwa tumbuhan lumut mempunyai daya regenerasi. Perkembangbiakan secara aseksual pada gametofit dilakukan dengan pembentukan kuncup-kuncup eram. Gametangium Marchantiales berupa cabang talus yang berdiri tegak, bagian bawah cabang menggulung, dan dalam gulungan tersebut terdapat rizoid. Bagian atas cabang bercabang menggarpu dan akhirnya membentuk badan menyerupai bintang.
Reproduksi seksual, jika ada pertemuan dua gamet yg berbeda. Anteridium dan arkegonium terletak pada tempat terpisah. Pendukung anteridium disebut anteridiofor, berbentuk menyerupai tangkai dengan cakram bertoreh delapan pada ujungnya, dan di atas cakram terdapat ruangan mirip botol yang bermuara ke atas. Ruangan-ruangan ini berisi anteridium. Antar ruangan dipisahkan oleh jaringan yang mengandung ruang udara. Spermatozoid dihasilkan di dalam anteridium. Jika antheridium telah masak, sel dindingnya akan menjadi lendir dan mengembang hingga akhirnya spermatozoid akan keluar dan terkumpul dalam suatu tetes air hujan yang terletak di atas anteridiofor. Pendukung arkegonium disebut arkegoniofor. Berbentuk seperti bintang dengan kaki berjumlah 9, tepi melipat ke bawah yang mengakibatkan sisi atas bagian arkegoniofor, dan menghadap ke bawah. Kondisi ini menyebabkan arkegonium seolah-olah berada di sisi bawah badan bintang tadi. Letak arkegonium dan arkegoniofor berderet menurut arah jari-jari yang dilindungi oleh selaput bergigi yang disebut periketium. Sel telur diproduksi di dalam arkegonium.
Pembuahan terjadi pada musim hujan. Pada saat itu, percikan air hujan yang mengandung spermatozoid terlempar dari anteridiofor ke arkegoniofor. Hasil pembuahan berupa zigot yang akan berkembang menjadi embrio bersel banyak akhirnya membentuk sporogonium bertangkai pendek, kecil, berbentuk bulat, dan berwarna hijau. Sel teratas membentuk kapsul spora dan sel bawah membentuk tangkai dan kaki sporogonium. Kapsul spora Marchantiales dapat menghasilkan beratus ribu spora. Jika jatuh di tempat yang sesuai, spora ini akan berkecambah membentuk protonema dan seterusnya.


Klasifikasi ilmiah lumut hati dan nama ilmiah lumut hati adalah :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Marchantiophyta
Kelas: Marchantiopsida
Ordo: Marchantiales
Famili: Marchantiaceae
Genus: Marchantia
Spesies: Marchantia polymorpha

Ditulis kembali oleh:

sumber:
http://blog.uad.ac.id/juliastuti/2011/12/05/hepaticopsida-lumut-hati/
http://www.plantamor.com/index.php?plant=2272
http://id.wikipedia.org/wiki/Lumut_hati
http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1990227-lumut-hati/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.