Hewan terbesar di dunia


Dunia yang kita huni penuh dengan makhluk hidup, yang besar dan yang kecil, yang pendek dan yang tinggi. Berikut ini adalah sebagian dari hewan terbesar di dunia yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti mamalia, reptil, burung, amfibi dan lain-lain. Daftar yang lebih detail dan lengkap dapat dilihat di Wikipedia. Tulisan ini sebagai pengantar saja, selamat membaca.  

Hewan terbesar di dunia:  Paus Biru





-->

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut anggota subordo paus baleen. Hewan ini memiliki panjang 30 meter (98 kaki) dan  massa 180 Ton lebih dan diketahui sebagai hewan terbesar yang pernah ada. Lidah Paus Biru ini beratnya sekitar 2,7 Ton, seukuran Gajah Asia rata-rata, hati hewan ini beratnya sekitar 600 kg dan merupakan ukuran terbesar dari semua makhluk hidup. Ukuran maupun berat jantung hewan ini sebanding dengan sebuah mobil mini cooper.

Makanan Paus Biru adalah hewan kecil seperti udang yang disebut Krill. Selama musim panas, Paus Biru mengonsumsi 3,6 ton lebih Krill setiap hari. Ini artinya sekitar 40 juta krill per hari. Kebutuhan kalori harian dari Paus Biru dewasa sekitar 1,5 juta kalori.

Hewan daratan terberat di dunia: Gajah semak Afrika

Picture Source: exfordy and Animal Photos!

Gajah semak Afrika adalah hewan darat hidup terbesar, pejantannya memiliki panjang 6-7,5 meter, tinggi bahu 3,3 meter, dan berat 6 Ton. Gajah betina berukuran jauh lebih kecil, mencapai panjang 5,4-6,9 meter, tinggi bahu 2,7 meter, dan berat 3 Ton. Gajah semak Afrika dewasa umumnya tidak memiliki predator alami karena ukurannya yang besar, tetapi bayi gajah rentan terhadap serangan singa dan buaya, kadang-kadang terhadap serangan macan tutul dan hyena.


Hewan darat tertinggi di dunia: Jerapah

Picture Source: scornish and Animal Photos!


Jerapah (giraffa Camelopardalis) adalah mamalia berkuku genap Afrika. Hewan ini merupakan makhluk hidup darat tertinggi dunia. Tingginya 5-6 m dan memiliki berat rata-rata 1.600 kg untuk pejantan dan 830 kg untuk betinanya. Jerapah memiliki leher yang sangat panjang, yang  mencapai lebih dari 2 m, hampir setengah dari ketinggian vertikal hewan.


Karnivora terbesar di dunia: Gajah Laut bagian Selatan

Picture Source: mikebaird and Animal Photos!

Gajah laut bagian selatan adalah karnivora hidup terbesar saat ini. Ukuran hewan ini 'menunjukkan dimorfisme seksual yang ekstrim, mungkin yang terbesar dari seluruh mamalia, pejantannya berukuran lima sampai enam kali lebih berat daripada yang betina. Berat Gajah laut betina rata-rata adalah 400 sampai 900 kilogram dan panjang 2,6 sampai 3 meter, dibandingkan  pejantan yang beratnya rata-rata  2.200 sampai 4.000 kilogram dan panjang 4,5-5,8 meter. Rekor ukuran pejantan ada tercatat di Possession Bay, Georgia Selatan pada tanggal 28 Februari 1913, dengan ukuran panjang 6,85 meter dan diperkirakan beratnya 5.000 kilogram.

Gajah laut selatan menyelam berulang kali, masing-masing selama lebih dari dua puluh menit, untuk memburu mangsa mereka - cumi-cumi dan ikan - pada kedalaman 400 sampai 1.000 meter. Catatan penyelaman yang  terdokumentasi yaitu dengan durasi hampir dua jam dan kedalaman  lebih dari 1.400 meter.

Karnivora Darat Terbesar di Dunia: Beruang Kutub dan Beruang Kodiak

Picture Source: digitalart and Animal Photos!


Karnivora darat hidup terbesar adalah beruang kutub dan beruang Kodiak (subspecies beruang coklat Ursus arctos). Karena mereka memiliki ukuran tubuh yang sama, tidak jelas yang mana yang lebih besar. Ukuran kedua spesies, tinggi bahu berukuran lebih dari 1,6 m dan  panjang total 3,05 m. Bobot beruang kutub dan coklat terberat tercatat masing-masing adalah 1.003 kg dan 1.135 kg .


Reptil Terbesar di Dunia: Buaya muara


Buaya muara (Crocodylus porosus), adalah hewan terbesar dari semua reptil hidup. Hewan ini ditemukan di Utara Australia, Asia Tenggara hingga pantai timur India. Berat seekor buaya muara dewasa adalah 409 sampai 1.000 kilogram dengan panjang normal 4,1-5,5 meter.  Pejantan dewasa panjangnya dapat melebihi 6 meter dengan berat lebih dari 1.000 kilogram. Buaya muara adalah predator puncak oportunis yang memiliki kemampuan menyergap hampir semua hewan yang memasuki wilayahnya, baik di air maupun darat.


Amfibi Terbesar di Dunia: Salamander Raksasa Cina

Salamander Raksasa Cina
Salamander Raksasa Cina


Salamander raksasa Cina (Andrias davidianus) adalah amfibi terbesar di dunia, panjangnya  mencapai panjang 180 cm.  Hewan ini merupakan hewan Endemik sungai dan danau di Cina. Saat ini kehidupan Salamander raksasa Cina terancam karena kehilangan habitat, polusi, dan perburuan. Hewan ini dianggap makanan lezat dan digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.

Kelelawar Terbesar di Dunia: Musang terbang raksasa bermahkota emas

kelelawar
kelelawar

Spesies kelelawar terbesar adalah Musang terbang raksasa bermahkota emas (Acerodon jubatus). Hewan ini adalah kelelawar pemakan buah yang terancam punah dari hutan Filipina. Ukuran maksimum hewan ini mendekati 1,5 kg, panjang 55 cm, dan bentangan sayap hampir 1,8 m.


Hewan Pengerat Terbesar di Dunia: Capybara

Picture Source: gerej and Animal Photos!

Binatang pengerat terbesar yang pernah hidup adalah capybara (Hydrochoerus hydrochaeris), sebagian besar berasal dari bagian tropis dan subtropis Amerika Selatan, Andes bagian timur, selalu dekat air. Panjang capybara dewasa dapat mencapai 1,5 m, tinggi bahu 0,9 m  dan berat maksimum 105,4 kg. Spesies ini sangat bersifat sosial dan dapat ditemukan dalam kelompok besar hingga 100 individu, tetapi biasanya hidup dalam kelompok beranggotakan10-20 orang.


Burung Terbesar di Dunia: Burung Unta

Burung Unta
Burung Unta

Burung hidup terbesar adalah burung unta (Struthio camelus), yang hidup di dataran Afrika dan Arab. Burung unta jantan dapat mencapai ketinggian 2,8 m, beratnya lebih dari 156 kg . Telur burung unta memiliki berat 1,4 kg dan merupakan telur terbesar di dunia saat ini. Mereka juga dapat berjalan  hingga kecepatan maksimum sekitar 97,5 km/jam, sehingga burung ini memegang dua rekor lagi sebagai burung tercepat di darat dan hewan berkaki dua tercepat di dunia.


Burung Terbang Terberat di Dunia: Burung Pelican Dalmatian

Burung Pelican Dalmatian
Burung Pelican Dalmatian

Burung Pelican Dalmatian (Pelecanus crispus) adalah anggota dari keluarga pelican. Berkembang biak dari tenggara Eropa ke India dan Cina di rawa-rawa dan danau dangkal. Ukuran pelikan, panjang rata-rata 160-180 cm, berat 11-15 kg dan bentangan sayap 3 m. Berat rata-rata hewan ini 11,5 kg  dan merupakan spesies dengan ukuran rata-rata terberat di dunia burung terbang.



Arthropoda Terbesar di Dunia: Kepiting laba-laba Jepang

Kepiting laba-laba Jepang
Kepiting laba-laba Jepang

Kepiting laba-laba Jepang adalah spesies kepiting laut yang hidup di perairan Jepang. Hewan ini memiliki rentang kaki terbesar dari arthropoda manapun, panjangnya mencapai hingga 3,8 meter dengan berat hingga 19 kg. Di habitat alamnya, kepiting laba-laba Jepang memakan kerang dan bangkai. Kepiting ini dapat hidup hingga 100 tahun.


Video berikut ini menampilkan rangkuman hewan-hewan darat terbesar di dunia. Selamat menonton.






Disusun kembali oleh:

Sumber: 
http://en.wikipedia.org/wiki/Largest_organisms
https://www.youtube.com/


1 komentar:

  1. Ini yang di tunggu-tunggu guys|Ionqq telah menghadirkan game baru B4ND4R POK3R (New Game)|
    anda mau menjadi bandar|silakan daftar di www'ionqq'com|pin bb:58ab14f5

    BalasHapus

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.