Nama Ilmiah Singa

Singa
Singa


Singa (sanskerta: simha) atau dalam nama ilmiahnya Panthera leo adalah hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini menjaga daerah kekuasaannya. Berat singa jantan 150-250 kg. Kalau singa betina berat nya 120-185 kg umurnya antara 10 sampai 15 tahun di hutan. Tetapi jika dipelihara bisa sampai 20 tahun lebih.
-->

Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya. Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya, tetapi kelemahan singa ialah tidak bisa memanjat pohon sebagus kucing-kucing besar lainnya.
Singa jantan di tumbuhi bulu tebal disekitar tengkuknya, hal ini lebih menguntungkan untuk melindungi tengkuknya, terutama dalam perkelahian bebas antara kucing besar, yang terkenal dengan selalu menerkam tengkuk untuk melumpuhkan musuhnya.
Kucing besar lainnya, seperti cheetah dan macan tutul memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dibanding singa.
Singa juga punya salah satu perbedaan dengan harimau, walaupun berasal dari keluarga yang sama, singa tidak suka dengan air, berbeda dengan harimau yang suka dengan air.
Hidup di savanna/padang pasir. Karena hewan malam, dalam sehari 20 jam berbaring di bebatuan/di bawah pohon yang teduh. Tiap kelompok terdiri atas jantan 1-6 ekor, betina 4-15 ekor. Wilayah kekuasaan satu kelompok antara 20-400 km2. Kalau makan habis 1 hari penuh mencari makanan/meluaskan wilayah kekuasaan. Pekerjaan jantan adalah melindungi betina dari jantan kelompok lain/ menjaga wilayah kekuasaan. Kalau merebut wilayah kelmpok lain jantan yang merebut kelompok lain akan membunuh anak singa yang berada di kelompok yang direbut. Kecepatan lari jantan adalah 58 km/h.
Makanannya daging, biasa nya memakan mamalia besar yang berat nya sekitar 50-500 kg. Selain itu memakan juga mamalia kecil, burung, reptil, dan serangga. Biasanya berburu sewaktu malam, tapi kalau di rumput panjang yang bisa menutup tubuh bisa berburu siang hari. Biasa nya betina yang berburu. Menggigit bintang besar dan mematikan dengan cara membuat binatang tidak bisa makan. Hasil buruan dimonopoli jantan. Menghabiskan waktu makan sebanyak 50 menit.
1 kali kawin waktunya adalah 20 detik, 1 hari bisa kawin 50 kali. Waktu hamil nya 98-120 hari. Sekali melahirkan akan melahirkan 1-6 ekor. Waktu menyusuinya adalah 7-10 bulan. Anak singa bisa makan daging setelah umur 3 bulan. Anak singa sering mati karena dibunuh jantan dari kelompok lain atau dibiarkan oleh singa betina (karena makanan sedikit). Anak singa yang hidup sampai 1 tahun hanya 40%, sampai 2 tahun adalah 20% tapi kalau sudah menjadi singa dewasa persentase kematiannya menurun. Jantan umur 3-4 tahun sudah menjadi singa dewasa, betina 3 tahun sudah menjadi singa dewasa. Pernah ada yang dipelihara sampai umur 24 tahun.
Berburu dengan berkelompok dan mengejar mangsa. Alasan jantan tidak berburu adalah bulu lebatnya besar sehingga bisa langsung ketahuan mangsa, singa jantan tidak selincah singa betina karena berat jantung singa jantan adalah 0,41% dari seluruh tubuh sedangkan singa berat jantung betina 0.51% dari berat seluruh tubuh karena itu kecepatan berlari singa betina lebih cepat sehingga mencapai 81 km/h. Walaupun betina bisa lari dengan kecepatan 8 1km/h itu hanya bisa beberapa menit, karena itu sebelum menyerang mangsa singa betina mendekati mangsa sampai 30 m dari mangsa, untuk lebih enak berburu dilakukan pada malam hari. Untuk menjatuh kan mangsa dalam 1 terkaman singa menerkam bagian hidung atau mulut sehingga mangsa tidak bisa bernafas sehingga mati.
Biasanya menerkam mamalia besar seperti zebra, babi, antelop dll. Kalau ada kesempatan bisa menyerang bintang besar yang beratnya sekitar 300 kg. Walaupun bisa meyerang apapun, badak dewasa, jerapah, gajah karena kalau menyerang bisa luka jarang diterkam. Biasanya sekali memakan bisa memakan 30 kg daging. Kalau tidak bisa memakan habis mangsa beberapa jam berhenti makan sehabis itu makan lagi. Minimal singa jantan dewasa memerlukan 7 kg daging perhari, singa dewasa betina memerlukan 5 kg daging perhari.
Anak singa pertama kali berburu adalah waktu umur 3 bulan, tapi walau dinamakan berburu hanya ikut berburu. Waktu berburu sebenarnya adalah sewaktu umur 1, 2 tahun.

Klasifikasi ilmiah singa dan nama ilmiah singa adalah :
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Genus species: Panthera leo

Ditulis kembali oleh:

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Singa
http://www.seaworld.org/animal-info/animal-bytes/animalia/eumetazoa/coelomates/deuterostomes/chordata/craniata/mammalia/carnivora/african-lion.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.