Hewan langka yang terancam punah di dunia



Hewan langka yang terancam punah di dunia

Ulah tidak bertanggung jawab manusia menjadi salah satu penyebab kepunahan hewan-hewan tertentu selain karena faktor seleksi alam. Umumnya disebabkan karena aktifitas perburuan illegal maupun perambahan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Agustus 2012 yang lalu jurnal Live Science Merilis 10 hewan langka yang terancam punah di dunia.
Berikut ini daftar hewan langka yang terancam punah di dunia.

1. Burung Condor California

Condor California
Hewan langka Condor California   

Tahun 1980-an burung ini hampir mengalami kepunahan. Untungnya usaha pelestarian berhasil menjaga sekitar 332 ekor dari jenis hewan langka ini. Masa hidupnya yang panjang mencapai 50 tahun hampir tidak bisa bertahan bila aktifitas perburuan dan pengrusakan habitat tidak dihentikan. Saat ini hanya terdapat sekitar 152 ekor Burung Condor California (Gymnogyps californianus) yang hidup di alam bebas. -->

2. Orangutan Sumatera

Pongo abelii
hewan langka Pongo abelii 

Sepanjang usianya, orangutan (Pongo abelii) hanya mampu melahirkan hingga paling banyak tiga keturunan. Perburuan liar, perambahan hutan dan rusaknya habitat menjadikan hewan asli Indonesia ini salah satu hewan langka yang terancam punah.

3. Hiu Gangga
Glyphis gangeticus
hewan langka Glyphis gangeticus

Hiu Gangga (Glyphis gangeticus)  hidup di Sungai Gangga India. Persaingan tempat hidup dengan manusia, polusi perairan serta perburuan menyebabkan hewan ini terancam punah.

4. Gorila Gunung
Gorilla beringei
hewan langka Gorilla beringei

Populasi hewan ini hanya tersisa sekitar 720 ekor di alam bebas. Keberadaan Gorila Gunung (Gorilla beringei)  terancam punah dikarenakan aktifitas penggundulan hutan, dan perburuan untuk dijadikan komoditas dagang oleh manusia.

5. Buaya Filipina
Crocodylus mindorensis
hewan langka Crocodylus mindorensis

Tahun 1995  hanya tersisa sekitar 100 ekor buaya Filipina filipina (Crocodylus mindorensis)  di habitatnya. Walaupun dilindungi, keberadaannya yang dirasakan sebagai ancaman oleh manusia menyebabkan banyaknya perburuan.

6. Black Fotted Ferret

Mustela nigripes
hewan langka Mustela nigripes

Persaingan tempat hidup dengan manusia menyebabkan Black Fotted Ferret (Mustela nigripes)  berada di ambang kepunahan. Saat ini hanya terdapat kurang dari dua persen habitat Black Fotted Ferret dari aslinya.

7. Harimau Siberia

Panthera tigris altaica
hewan langka Panthera tigris altaica

Harimau siberia (Panthera tigris altaica) diburu oleh manusia untuk diambil bulunya yang indah, juga tulangnya. Aktifitas ini menyebabkan hewan ini terancam punah. Populasi hewan ini di alam liar diperkirakan hanya sekitar 400 ekor.


8. Serigala Merah
Canis lupus rufus
hewan langka Canis lupus rufus

Serigala merah (Canis lupus rufus)  hidup tersebar di Amerika Serikat. Populasinya diperkirakan hanya berjumlah 100 ekor di alam liar Carolina Utara dan 150 lainnya hidup di penangkaran. Menurunnya populasi hewan ini disebabkan oleh  perburuan dan hilangnya habitat.

9. Paus Western Gray

Esrichtiius robustus
hewan langka Esrichtiius robustus

Hewan ini hanya tersisa sekitar 100 ekor dan hanya terdiri dari 23 betina yang produktif. Program perlindungan satwa ini yang dimulai tahun 1947 tidak berlangsung dengan baik menyebabkan paus western gray (Esrichtiius robustus) terancam punah.


10. Badak Sumatera

Dicerorhinus sumatrensis
hewan langka Dicerorhinus sumatrensis

Populasi Badak Sumatera diperkirakan hanya tinggal 300 ekor saja. Penyebab utama menurunnya populasi hewan ini adalah perburuan terhadap culanya yang sangat bernilai tinggi. Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan spesies badak terkecil. Biasa ditemukan di hutan hujan atau rawa di Asia Tenggara dan India. 

Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian hewan langka perlu ditanamkan dan disebarluaskan. Mengingat bukan hanya agar satwa tersebut dapat dilihat oleh generasi berikutnya, tapi demi keseimbangan kehidupan alam itu sendiri.

Dituliskan kembali dari berbagai sumber oleh:

1 komentar:

  1. This is a partial list of endangered animals in Indonesia that I choose at random
    bandar togel indonesia

    BalasHapus

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.